Resep Aneka Makanan Kita, Enak, Mudah, Lezat dan Bergizi

Sunday, September 6, 2015

Tempe Goreng Kucai

Assalamualaykum


Beberapa hari yang lalu ketika ke pasar, saya ketemu dengan yang  namanya kucai. Tau nggak kucai ?
Kucai itu bentuknya daun panjang kecil-kecil warna hijau. Jika dibandingkan daun bawang jauh beda ya. kalo daun bawang tangkainya gede-gede, kalo kucai kecil-kecil gitu. Kucai ini enak dijadikan campuran tempe tepung atau bakwan. Bisa sebagai alternatif pengganti daun bawang. Harganya juga murah. Seikat cuma 2 ribu aja. Untuk bikin mendoan cukuplah. Dari segi aroma menurut saya lebih sedep dan lebih enak daun bawang. Oleh karena itulah kucai jarang ditemui karena orang lebih suka dan lebih familiar dengan daun bawang. Tapi tetep enak kok dibuat tempe tepung. Jadi jika tidak ketemu daun bawang, bisa pake kucai ini. Dan akhirnya setelah matang tempe tepung ini habis juga oleh penghuni rumah.

Bahan :
300 gr tempe, iris tipis
100 ml air untuk rendaman
175 gr terigu
225-250 ml air
1 ikat (50-75 gr) kucai, iris halus
minyak goreng yang cukup banyak

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1/4 sdt merica
3 butir kemiri
2 cm kunyit
garam secukupnya

Cara membuat :
  1. Setelah bumbu dihaluskan ambil +- 1/3 bagian dan campur dengan 100 ml air. Koreksi rasanya, jika kurang asin tambahkan garam. Masukkan tempe yang telah diiris tipis, rendam selama10-15 menit.
  2. Dalam sebuah mangkok yang agak besar, campur sisa bumbu halus dan terigu, tuangi air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, sampai kekentalan yang diinginkan. Masukkan irisan kucai. Koreksi rasanya.
  3. Panaskan minyak yang cukup banyak. Celupkan tempe ke dalam adonan terigu, goreng dalam minyak panas dengan api sedang sampai matang. Sajikan hangat bersama cabe rawit.

Share:

0 comments:

Post a Comment

STIKER OLSHOP MURAH MERIAH

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Labels

Blog Archive

HISTATS

Recent Posts

Unordered List

Pages