Resep Aneka Makanan Kita, Enak, Mudah, Lezat dan Bergizi

Tuesday, March 15, 2016

Feather-Light Sponge Cake

بسم الله الرّ حمن الرّ حيم  

Assalamu'alaykum


Salah satu resep yang sudah lama saya simpan tapi nggak keburu dibikin hihi......klise banget.
Ketika beberapa hari yang lalu saya pergi ke pasar dan melihat harga telur yang murah di penjual langganan, langsung tuh beli sekilo. Setibanya di rumah segera buka hp dan melihat daftar resep yang sudah terparkir ratusan lebih. Dan pilihan jatuh ke Feather Light Sponge cake. Alesannya, bahan pengembang bisa diskip (dihilangkan) karena proses pembutannya menggunakan putih telur kocok (meringue). Dan saya yakin hasilnya bakalan lembut dan halus. Resep asli tidak menggunakan lemak seperti mentega, margarin atau minyak goreng. Tapi di resep ini saya berikan tambahan lemak supaya nggak seret ketika ditelan. Setelah matang, maa syaa Allaah, lembut, spongy dan tentu saja enak. Nggak sampai sehari cake inipun ludes tidak bersisa. Alhamdulillaah......

Feather-Light Sponge Cake
Adaptasi dari : Corner Cafe
Modifikasi : Rina Audie

Bahan :
5 butir putih telur ukuran besar
1/8 sdt garam halus
1 sdt air jeruk nipis/lemon/cuka
125 gr gula halus
5 butir kuning telur ukuran besar
150 gr terigu serbaguna
1 sdm (15 gr) tepung jagung
20 gr susu bubuk
50 gr mentega, lelehkan
50 ml minyak sayur

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang tulban diameter 22 cm tinggi 8cm, alasi dasarnya dengan kertas roti, olesi mentega semua bagiannya. Panaskan oven suhu 180 derajat C.
  2. Dalam wadah bersih bebas minyak atau cairan apapun, kocok putih telur, garam dan air jeruk nipis sampai berbuih. Masukkan 1/2 bagian gula halus, lanjutkan mengocok sampai rata. Masukkan sisa gula halus dan kocok sampai kaku (soft peak). Jika baling baling mixer diangkat, putih telur membentuk sudut runcing dan tidak jatuh.
  3. Masukkan kuning telur satu persatu sambil dikocok sampai rata. Turunkan kecepatan mixer menggunakan speed rendah, masukkan campuran terigu, tepung jagung dan susu bubuk sambil diayak. Kocok perlahan sampai rata. Matikan mixer.
  4. Campur mentega leleh dan minyak sayur kemudian tuangkan ke dalam adonan sambil diaduk menggunakan spatula sampai rata.
  5. Tuang ke dalam loyang dan panggang selama 30-40 menit. Lakukan test tusuk. Jika lidi keluar bersih artinya sudah matang. Keluarkan dari oven.


Share:

0 comments:

Post a Comment

STIKER OLSHOP MURAH MERIAH

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Labels

HISTATS

Recent Posts

Unordered List

Pages